Satgas Karhutla DKI Buka Posko Kesehatan di Desa Puding

By Al


nusakini.com - Jakarta -  Satuan Tugas Terpadu Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas TPB Karhutla) Provinsi DKI Jakarta yang berasal dari Dinas Kesehatan membuka posko kesehatan bagi warga terdampak karhutla di Desa Puding, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Kordinator Regu Kesehatan Satgas TPB Karhutla DKI, Rahmad Yulianto mengatakan, posko ini didirikan untuk memberikan layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

"Melalui posko ini warga bisa mendapatkan layanan kesehatan dari dokter spesialis paru, dokter anak, dan dokter umum dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Selain itu, ada juga perawat, tenaga kesehatan lingkungan, serta surveilance," ujarnya

Rahmat menjelaskan, posko kesehatan Satgas TPB Karhutla DKI juga dilengkapi dengan rumah oksigen dan obat-obatan yang memadai.

"Selain di sini, selanjutnya kami juga akan memberikan layanan kesehatan di Desa Pemataaraman, Mekar Sari, Bentung dan Desa Pulo Bengkaro," terangnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi, Yes Isman sangat mengapresiasi datangnya bantuan tenaga kesehatan dan obat-obatan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

"Kami sangat bersyukur, warga terdampak asap di Muaro Jambi sangat banyak. Selama periode Juli hingga Agustus, tercatat ada sekitar 8.000 warga yang berobat melalui puskesmas setempat," tandasnya.